Walikota Makassar Akan Ubah Pantai Losari Berstandar Internasional, Termasuk Lapangan Karebosi

Walikota Makassar Akan Ubah Pantai Losari Berstandar Internasional, Termasuk Lapangan Karebosi
Gambar Kolase Pantai Losari Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan

iTimes - Kota Makassar yang di kenal dengan Kota Daeng dan Kota Angin Mammiri kini makin menunjukkan eksistensinya sejak beberapa tahun terakhir dengan mengadakan berbagai event yang berskala Nasional bahkan internasional. 

Adapun beberapa objek pusat keramaian yang nantinya akan dilakukan revitalisasi secara keseluruhan dari tampak aslinya ialah sebagai berikut : 

Pantai Losari

Pantai Losari yang merupakan salah satu ikon Kota Makassar nantinya akan mengalami perubahan beberapa tahun akan datang. Hal itu dikemukakan oleh Walikota Makassar Danny Pomanto saat menjamu kepala daerah se-Indonesia dalam Hari Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII di  Hotel Four Points by Sheraton, Sabtu (29/4/2023) lalu.

"Insyallah tahun ini terakhir begini Pantai Losari, Tahun depan insyallah akan berbeda, kami akan segera tender Pantai Losari," ungkap Walikota 2 Periode tersebut. 

Danny Pomanto menyebut Pantai Losari akan berubah wajah di tahun 2024 mendatang. Ia meyakini proses tander dan renovasi Pantai Losari akan segera dilakukan.

Baca Juga : Piala Dunia Sepak Bola U-20 2022 Batal Terselenggara di Indonesia, Jokowi Intruksikan 2 Hal Penting Kepada PSSI

Ia menargetkan dalam waktu 2 tahun, wajah baru Pantai Losari akan berubah.

Kelasnya pun berstandar Internasional.

"Dalam 2 tahun ke depan, Insyallah Makassar akan miliki pantai yang kelasnya sama dengan kota terkemuka di Dunia," jelas Walikota Makassar.

Hal itu dilakukan karena Pantai Losari merupakan pantai yang terletak di barat Kota Makassar. Lokasinya merupakan destinasi favorit turis lokal maupun internasional.

Selain itu, Pantai Losari juga menyajikan keindahan laut dan sunsetnya terkenal yang di sertai pusat jajanan Kuliner. 

Lapangan Karebosi

Lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan akan kembali di revitalisasi. Pemerintah kota Makassar melalui Dinas Pemuda dan olahraga pun, siap memperbaharui wajah lapangan bersejarah itu.

Diketahui Pemerintah Kota Makassar akan menyiapkan anggaran hingga 70 milliar rupiah. Rencana revitalisasi akan mulai di lakukan tahun ini.

Baca Juga : Presiden Jokowi Target Tuntaskan Bangunan Pusat Latihan Sepak Bola di IKN

Tak hanya lapangan yang akan di benahi, pembuatan lapangan mini hingga lintasan lari akan jadi fasilitas tambah. Anggaran 70 Milliar Rupiah siap di gelontorkan demi membuat Karebosi kembali baru. 

Revitalisasi ini tak hanya untuk memperindah Karebosi, tapi juga untuk mengajak masyarakat Makassar hidup sehat, dengan menyediakan fasilitas olah raga yang memadai.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar Andi Pattiware Pattiware mengatakan Lapangan Karebosi nantinya akan ada jogging track yang akan dibangun ini didesain bertingkat atau elevated. Saat ini dalam tahap pemberkasan dokumen lelang untuk segera dilakukan pelelangan atau tender.

"Jadi elevated. Ada dua jogging track. Di bawah 1, di atas 1. Desain jogging tracknya ini seperti simbol angka 8," Ungkapnya di kutip dari detikSulsel.

Proyek revitalisasi Karebosi ini rencananya akan dilakukan beberapa tahap. Ini tujuannya agar masyarakat nyaman berolahraga. Sehingga dibuat lokasi dan sarananya lebih representatif.

Baca Juga : Jelang Tahun Baru, Warga Sulsel Dilarang Keluar Masuk Kota Makassar, Ini Alasannya

"Rencananya nanti selain jogging track, juga ada pembangunan lapangan, lapangan bola dengan rumput sintetis," jelasnya.

Dia menambahkan dari 3 lapangan, nantinya ada 1 lapangan yang dibagi 2 untuk fasilitas lainnya. Kemudian arena olahraga akan dilengkapi lampu agar bisa digunakan malam hari. Juga skatepark akan mendapat penanganan. Ada tatami (karpet beladiri, termasuk lapangan mini soccer.

"Di sisi kirinya ada softball. Terus sisi kanannya ada space, bisa ada panahan, voli atau bagaimana karena nanti kita akan meminta pertimbangan KONI," jelasnya.

Proyek revitalisasi Karebosi ini disebutnya akan mengubah tampilan Karebosi nanti. Namun menurutnya ini menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran. Sehingga dilakukan bertahap itupun bila mendapat persetujuan DPRD Makassar.

"Mulai dari jogging track, lapangan, arena-arena cabang olahraga, termasuk sudah disiapkan loker. Kami juga sudah minta ada semacam creative hub saja," pungkasnya.

(Tim Network News)

Previous Post Next Post