Gelar Kuliah Umum dan Penerimaan MABA, Ini Kata Dekan FUAD UIN Palu

Gelar Kuliah Umum dan Penerimaan MABA, Ini Kata Dekan FUAD UIN Palu
Ket : Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD) Universitas Islam Negeri (UIN) Gelar Kuliah Umum dan Penerimaan MABA


iTimes - Berlangsung di Aula Dakwah Kampus UIN Palu, di Jalan Ponegoro Palu, Fakutas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, menggelar Kuliah umum dan penerimaan Mahasiswa Baru (MABA) Tahun 2022, Senin, (5/9/2022) Pagi.

Adalah, Guru Besar Filsafat dan Pemikiran Islam Fakultas FUD UIN Datokarama Palu dan juga selaku Narasumber, Prof. Dr. H. Lukman Tahir. MA mengutip dua pandangan dari dua tokoh besar dunia. Yaitu Sahabat Nabi Muhamad. SAW, Ali Bin Abuthalib serta

Dalam uraiannya, Ali Bin Abu Thalib mengatakan agar mendidik anak sesuai zamanya. Dalam hal ini lanjut Prof. Dr. H. Lukman Thahir. MA, pembelajaran anak, harus disesuaikan dengan zaman saat ini. Bukan mengikuti era para pendidik.

Pandangan lainya dikutip dari seorang filosof dan bapak pendidikian modern, Jhon Dewey mengatakan jika melakukan pendidikan pada masa lalu, dan memberikan pendidikan terhadap pelajar saat ini dengan menerapkan metode dahulu, sama dengan merampas kemawasiswaan mereka.

Baca Juga : Tarif Tak Kunjung Stabil Hingga BBM Naik Lagi, Sejumlah Driver Online Datangi Rujab Gubernur Sulsel Dan Ancam Akan Demo

Dari dua pandangan tersebut, disimpulkan bahwa proses belajar mengajar didalam sebuah lembaga pendidikan, harus disesuaikan dengan zamanya.

Lebih jauh ia membeberkan bahwa kita tidak akan mungkin memahami tentang poin 5.0 jika tidak mengerti terkait Revolusi industri 4.0.

Menurutnya, Revolusi industri merupakan perubahan besar pada abad 18. Dimana pada abad itu, merupakan fase menuju abad modern. Terhadap cara manusia mengolah sumber daya dan memproduksi bahan.

"Ada perubahan kerangka berfikir (Paradigma) manusia didalam mengolah sumber daya manusia maupun alam dan memproduksi barang," jelasnya 

Baca Juga : Disambut Adat Bugis Makassar, Panglima Baru Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen Totok Imam Tiba di Sulsel

Revolusi terjadi secara spektakuler. Perubahan besar-besaran terjadi dibidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan tehnologi. Perubahan tersebut, memberikan dampak terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya dunia.

Contohnya ditemukanya mesin uap oleh James Watt pada revolusi pertama, mengubah cara berfikir manusia menuju abad modern.

Kemudian seratus tahun kemudian ditemukan kembali listrik oleh Thomas Alva Edison. Sehingga semakin mengubah Paradigma berfikir manusia.

Revolusi ketiga, tehnologi informasi berkembang dengan pesat. Zaman yang dikuasai oleh komputer.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Kewartawanan, DPP JMBI Akan Gelar UKW di Sulawesi Selatan

Setelah itu masuk kerevolusi keempat. Dimana semua jaringan, sistim semakin maju. Gadget, komputer telah menjadi kebutuhan primer bagi manusia.

Ia menyimpulkan bahwa antara era 4.0 dan 5.0 merupakan era yang sama. Hanya saja zaman 5.0 diharapkan manusia bisa berperan besar. Tanpa harus digantikan oleh robot maupun tidak mampu menguasai tehnologi.

"Tema pada hari ini sangat luar biasa. Dimana institusi keagamaan itu harus mengikuti pola dari negara maju, namun tidak melupakan kearifan lokalnya. Diera serba digital saat ini

Sebelumnya, Dekan FUAD UIN Datokarama Palu, Dr. H Sidik. M.ag mengatakan bahwa mahasiswa baru tahun ini, berjumlah 285 orang. Mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Meningkat sekitar 5 persen.

Baca Juga : Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa UNM Blokade Jalan Pettarani Makassar Hingga Malam Hari

Kuliah umum bertemakan "Membangun karakter Mahasiswa Paripurna memenangkan peluang di era 5.0" tersebut, sengaja diangkat FUAD mencermati fenomena perkembangan di era saat ini. Olehnya itu, Mahasiwa perlu dibekali dengan keterampilan, kreatifitas yang inovatif.

Dirinya juga menyampaikan selamat kepada segenap Mahasiswa baru Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah UIN (FUAD-red) Datokarama Palu yang telah melabuhkan pilihanya untuk menuntut ilmu di Perguruan Tinggi tersebut.

"Dengan ini saya mengucapkan selamat datang dan berterimaksih kepada Mahasiswa baru atas kebersamaan kita untuk menuntut ilmu dan mengembangkan pengetahuan di UIN Datokarama Palu. Insya Allah, kalian bisa menjadi Sarjana di tempat ini," ungkapnya. (Ibra/Hms FUAD).

(Tim Network News) 

Previous Post Next Post