Pemerintah Maros Terus Melakukan Evakuasi Terhadap Korban Bencana Angin Puting Beliung


iTimes - Dampak angin puting beliung yang terjadi di dua kelurahan dan satu desa di Kecamatan Maros Baru terus meluas. Tercatat jumlah rumah yang rusak telah mencapai 161 unit, 53 rusak berat dan 108 unit rusak ringan. 

Camat Maros Baru, Andi Irfan merinci, untuk kelurahan Baju Bodoa, jumlah rumah yang rusak sebanyak 92 unit, 30 diantaranya rusak berat. Sementara di kelurahan Baji Pammai totalnya mencapai 58 rumah dengan kerusakan berat sebanyak 17. Sedangkan desa Borikamase 11 rumah, 6 rumah dikategorikan rusak berat. 

“Semalam memang baru data sementara. Nah Siang ini kita sudah lakukan pemeriksaan kembali dan ada juga warga yang datang melapor dan kami verifikasi. Sekarang totalnya sudah 161 dan mudah-mudahan tidak bertambah lagi,” katanya, Jumat (17/06/2022). 

Baca Juga : 13 Terdakwa Kasus Korupsi RS Batua Telah Berakhir Putusan Pengadilan

Sejauh ini, Pihak Pemerintah masih terus melakukan pendataan untuk memastikan kerugian material yang timbul dari bencana puting beliung itu. Tak hanya itu, Pemerintah juga ingin menginvetarisir kebutuhan mendasar warga yang terdampak. 

“Kalau soal kerugian materil, kami belum bisa pastikan. Kita masih terus melakukan pendataan, sekaligus untuk memastikan kebutuhan mendasar apa yang diinginkan warga yang terdampak ini,” lanjutnya. 

Rencananya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bersama pihak terkait akan tetap membuka posko pasca bencana selama 7 hari di lokasi itu. Saat ini, sudah ada 3 posko yang dibuat termasuk dapur umum. 

Baca Juga : Bencana Alam, Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Warga Di Maros

“Tadi pagi, kita Bersama petugas gabungan melakukan pembersihan. Atap warga yang terbang itu kita angkat dan rapikan. Pohon yang tumbang dan menimpa rumah warga juga, kita sudah potong bersih,” terangnya. 

Andi Irfan mengaku, sejak semalam telah menerima berbagai jenis bantuan dari sejumlah pihak yang datang langsung ke posko induk. Bahkan beberapa organisasi relawan juga telah datang membantu dengan mendirikan posko dan dapur umum. 

“Kita bersyukur karena bantuan dari berbagai pihak ini datang sejak semalam yah. Kami sangat berterima kasih. Ada juga beberapa organisasi relawan yang memang turun lanngsung membuat posko dan dapur umum,” sebutnya. 

Baca Juga : Hal Penting, OJK Perbarui Aturan, Sekuritas Wajib Lapor Berkala dan Insidentil

Sebelumnya, Bupati Maros, Chaidir Syam Bersama Dandim 1422, Letkol Inf Budi Rahmat turun memantau kondisi warga yang terdampa di dua kelurahan dan satu desa itu. Bupati juga telah menyalurkan bantuan darurat berupa terpal dan makanan siap saji ke korban. 

Diketahui, Bencana angin puting beliung yang merusak ratusan rumah itu terjadi pada Kamis sore, yang awalnya muncul pusaran awan tebal berbentuk tornado. Sejumlah korban pun syok karena tak menduga ada angin kencang lantaran tidak ada hujan.

Tonton Video Detik-detik Kejadian


(Tim Network News) 

Previous Post Next Post