Kodim 1422/Maros Laksanakan Komsos Pusat Teritorial Angkatan Darat Bersama Pemerintah Dan Masyarakat


iTimes - Pusat Teritorial Angkatan Darat Kodim 1422/Maros laksanakan Analisa Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) dengan Aparat pemerintah serta Masyarakat. 

Hal itu berdasarkan Surat Telegram Danpusterad Nomor STR/88/2022 Tanggal 27 Mei 2022, Tentang perintah menyiapkan responden pada analisa kegiatan Komsos dengan Aparat pemerintah dan Komsos dengan Masyarakat.

Kegiatan tersebut berlangsung Di gedung Aula Lantai-2 Makodim 1422/Maros Mulai sejak 08.00 wita sampai selesai, Pada Hari Selasa 7 Juni 2022. Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. 

Baca Juga : Pangdam XIV/Hasanuddin Buka Diklatsarmil Komcad TA 2022 Di Rindam XIV/Hasanuddin

Turut hadir dalam Analisa Kegiatan Komsos Antara lain ialah :

  1. Kesbangpol Kab. Maros
  2. Disdukcapil Kab. Maros
  3. Dinas Sosial Kab. Maros
  4. Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Maros
  5. PUPR Kab. Maros
  6. Kecamatan Turikale
  7. Kel. Turikale
  8. LSM GMBI
  9. FKPPI
  10. PPM
  11. Karang Taruna Kel. Baju Bodoa

Dalam Sambutannya Kapten Inf Nasrun mengatakan, Giat komsos ini adalahh program dari Pusterad untuk nenganalisa sejauh mana komunikasi sosial (Komsos) antara Satuan Kodim dengan Masyarakat maupun dengan aparat pemerintah. 

"Komsos ini bertujuan agar terjalin sinergitas dengan komponen masyarakat maupun aparat pemerintah setempat agar dalam terjaga hubungan yang lebih erat", Ucap Nasrun. 

Kegiatan Tersebut Mendapatkan Respon Positif

Ketua LSM Distrik Maros Muh Jufri mengutarakan kegiatan yang dillakukan oleh Satuan TNI AD Kodim 1422/Maros merupakan langkah yang cukup efektif dalam menciptakan sinergitas pemerintah, masyarakat dan OKP serta Ormas. 

Baca Juga : Asa Kemampuan, Prajurit Tri Media Gelar Latihan Di Koarmada II Surabaya

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami, Pemerintah dan seluruh masyarakat Maros atas kegiatan Analisa Komsos dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad)" Kata Jufri Kepada iTimes.id Saat dikonfirmasi (07/06/2022). 

Pada kesempatan itu juga, Jufri yang diwakili kepala kesekretariatannya faisal, meminta saran dan masukan, sinkroninasi, serta koordinasi kepada seluruh komponen masyarakat kepada TNI khususnya Kodim dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial selaku kontrol sosial kewilayahan dalam pengabdian Bangsa dan Negara. 

Sementara itu terpisah saat dikonfirmasi, Dandim 1422/Maros Letkol Inf Budi Rahman menjelaskan, Acara komunikasi sosial (Komsos) merupakan Analisa kegiatan Komsos dari Pusat Teritorial AD. 

"Tim Pusat ingin mengambil sampling data terkait bagaimana pelaksanaan Komsos yang dilakukan oleh Jajaran Kodim kepada Aparat Pemerintah dan Komponen Masyarakat. Sehingga kedepan bisa didapatkan masukan utk meningkatkan kualitas hasil Komsos dan metode komsos itu sendiri, Ungkapnya Kepada iTimes.id (07/06/2022). 

Baca Juga : Panglima Kostrad Terima Kunjungan Pangdiv 1 AD Australia, Ini Hal Penting Yang Disampaikan

Menurut Letkol Budi Rahman komunikasi sosial (Komsos) Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) sesuai amanat Undang-Undang RI No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, bahwa sistem pertahanan negara adalah sishanta yang melibatkan seluruh Warga Negara, Wilayah dan Sumber Daya Nasional lainya.

"Komsos adalah metode Pembinaan teritorial yang tujuannya mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. Dalam UU No 3/2002 hal ini sangat diperlukan guna mewujudkan totalitas pertahanan yang melibatkan seluruh sumber daya atau semesta." Pungkasnya. 

Perlu diketahui sesuai Perkasad Nomor 26 tahun 2019 dijelaskan bahwa pusterad adalah badan pelaksana di tingkat pusat yang berkedudukan langsung dibawah Kasad dan memiliki tugas pokok menyelenggarakan embinaan fungsi teknis teritorial serta membantu gerakan operasi militer perang dan operasi militer selain perang dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD melalui bidang sistem dan metode. Sertai UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI membantu Pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan.

Tonton Juga Video Lainnya


(Tim Network News) 

Previous Post Next Post