Warga Tutup Jalan Berhari-hari, Gubernur Sulsel Respon, Itukan Dosa, Sabar!!!


iTimes - Terkait viralnya aksi penutupan jalan poros Pattallassang Burung-burung dibeberapa Media, Membuat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman merespons aksi warga tersebut yang ada di Kelurahan Pattallassang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa.

Gubernur Sulsel tersebut mengatakan aksi warga menghalangi jalan itu justru akan mendatangkan dosa.

Jangan tutup jalan apalagi bulan puasa, dosa. Dosa orang tutup jalan," ungkap Andi Sudirman saat ditemui oleh Tim Media di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (05/04/2022) lalu.

Andi Sudirman menegaskan warga tak perlu sebenarnya melakukan aksi pemblokiran jalan.

"Banyak daerah juga jalannya mengalami kerusakan namun tidak disikapi berlebihan dengan melakukan demo apalagi sampai melakukan penutupan jalan yang mengganggu kenyamanan pengguna jalan itu kan dosa." Tutur Sudirman. 

Baca Juga : Jalan Rusak Parah, Warga Blokade Jalan Provinsi

Dia menambahkan, penanganan ruas Jalan Burung-burung sudah masuk perencanaan Pemprov tahun ini alias sudah dialokasikan di APBD 2022. Lelang proyek tinggal soal waktu saja.

"Intinya jalan di sana ada anggarannya. Tinggal dilelang saja," Singkatnya.

Diketahui, Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) menjamin kerusakan Jalan Burung-burung di Kabupaten Gowa akan ditangani tahun ini. Proyek perbaikannya dianggarkan Rp 6,5 miliar sudah persiapan tender.

"Ruas jalan itu segera dikerjakan. Sudah ada dalam dokumen pelaksanaan anggaran (DPA). Ada anggarannya tahun ini. Sementara penyiapan dokumen untuk memasuki tahap lelang," ungkap Kepala Dinas PUTR Sulsel Astina Abbas dalam keterangannya yang diterima Kamis (6/7/2022).

Astina menambahkan untuk penanganan jalan ini sudah disiapkan anggaran Rp 6,5 miliar. Untuk penanganan ruas jalan ini dilakukan dengan pengaspalan badan jalan. Sementara bahu jalan akan diiperkeras dengan beton.

Baca Juga : Jembatan Yang Menghubungkan Beberapa Kecamatan Digowa Nampak Rusak Parah

"Ada 3 ruas yang ditangani, yakni Jalan Yasin Limpo, jalan Burung-burung -Bili-bili; dan Jalan Burung-burung - Benteng Gajah. Fokus penanganan pada perempatan Pattalassang yang kondisinya rusak berat," jelasnya.

Akses jalan ini sebelumnya diblokir warga karena protes tak kunjung diperbaiki. Imbasnya warga atau pengguna jalan mesti memutar arah mencari jalur alternatif.

"Dinas PUTR Sulsel pun telah turun ke masyarakat untuk memberikan pemahaman mengenai ruas jalan ini akan segera ditangani. Sehingga warga tidak lagi menutup akses," tuturnya.

Imbas kerusakan jalan Burung-burung, kesabaran warga di Kelurahan Pattalassang, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) tampaknya sudah habis. Mereka memprotes keras jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki dengan cara memblokir ruas Jalan Burung-burung.

Baca Juga : LSM GMBI Angkat Bicara Terkait Beberapa Persoalan Di BBWS Pompengan

Seperti dipantau detikSulsel, Selasa (5/4/2022), akses jalan di lokasi tersebut ditutup warga. Penutupan jalan dilakukan menggunakan potongan bambu bekas, ban bekas, hingga seng.

Warga setempat hanya menyisakan sedikit celah untuk dilalui sepeda motor. Akibatnya, pengendara harus mengantre jika ingin melintasi jalan yang diblokir warga. (*/Red) 

(Tim Network News) 

Previous Post Next Post