Aksi Demo Berakhir Ricuh, Mahasiswa Unismuh Bentrok Dengan Kepolisian


iTimes - Sejumlah Mahasiswa dari berbagai penjuru tanah air menggelar aksi demo secara besar-besar pada hari ini, Senin (11/04/2022). Demonstrasi dilakukan mulai dari Aceh, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah hingga Maluku dan Maluku Utara.

Di makassar sendiri dilakukan di beberapa lokasi, mulai menjelang siang hingga malam yang berujung kericuhan.

Seperti halnya, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar demo 11 April bertahan hingga malam di Jalan Sultan Alauddin Makassar. Mahasiswa sempat terlibat bentrok dengan aparat hingga dipukul mundur dan dihalau masuk ke dalam kampus.

Baca Juga : Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Gelar Aksi Sampai Tengah Malam, Spanduk Teatrikal Presiden Jadi Sorotan

Bentrokan mahasiswa dan aparat terjadi sekitar pukul 23.40 Wita di Jalan Sultan Alauddin Makassar. Mahasiswa awalnya memblokade jalan hingga malam hari sehingga akses kendaraan di lokasi tak kunjung normal.

Akibatnya, personel Brimob yang disiagakan di depan Polsek Rappocini Makassar bergerak memukul mundur massa. Lemparan batu mahasiswa kemudian dibalas polisi dengan tembakan gas air mata.

Secara perlahan, massa mundur teratur hingga ke dalam kampus. Polisi memastikan konsentrasi massa di lokasi dapat dibubarkan.

Baca Juga : Aksi Demo 11 April, Makassar Dikepung Puluhan Ribu Mahasiswa

"Unismuh sudah, sudah kelar (mahasiswa dipukul mundur)," ujar Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Heru Novianto kepada Tim Awak Media. 

Kombes Heru mengatakan, pihaknya terpaksa menghalau massa karena masih menghalangi akses jalan hingga malam hari.

"Ya menutup jalan, itu kan jalur poros kalau nggak kita dorong (massanya) nggak selesai," kata Kombes Heru.

Baca Juga : Tolak 3 Periode, Unismuh Tutup Jalan, Sempat Menuai Kericuhan

"Tapi sekarang sudah kelar ya, dia sudah masuk kampus semua," sambungnya. 

Aksi kericuhan tersebut sempat menjadi tontonan bagi pengendara Jalan yang ingin melintas dan masyarakat sekitar.(*/Red) 

(Tim Network News) 

Previous Post Next Post