Presiden Jokowi Memberikan Penghormatan Terakhir Kepada Cendekiawan Muslim Buya Syafi'i

PresidenJokowiMemberikanPenghormatanTerakhirKepadaCendekiawanMuslimBuyaSyafi'i

iTimes - Presiden RI Joko Widodo memberikan penghormatan terakhir untuk mendiang cendekiawan muslim yang juga mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Jumat sore. (27/05/2022) 

Setelah salat Asar, Presiden mengikuti salat Jenazah yang dipimpin Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

"Beliau Buya Syafii adalah guru bangsa dan yang saya lihat beliau hidup dalam kesederhanaan" katanya saat memberikan pidato penghormatan terakhir.

Baca Juga : Kebijakan Pemerintah Kembali Buka Ekspor Minyak Goreng Hari Ini

Presiden mengatakan bahwa Buya Syafii merupakan kader terbaik yang dimiliki Muhammadiyah yang selalu menyuarakan tentang keberagaman serta toleransi antar umat beragama.

"Beliau juga selalu menyampaikan pentingnya Pancasila sebagai perekat bangsa," kata Presiden Jokowi.

Selepas upacara penghormatan terakhir, ribuan pelayat langsung mengiringi pemberangkatan jenazah Buya Syafi menuju Taman Makam Husnul Khotimah, Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.

Baca Juga : Kabar Duka, Mantan Jubir Satgas COVID-19 Achmad Yurianto Meninggal Dunia

Buya Syafii Maarif meninggal dunia pada hari Jumat pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelumnya Presiden jokowi Dua bulan lalu, datang menjenguk Buya Syafii Di kediamannya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar.

"Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii." Beber Jokowi. 

Baca Juga : Presiden RI Longgarkan Kebijakan Pakai Masker Pasca Kondisi Covid-19 Makin Terkendali

Hari ini, pukul 10.15 WIB, Buya Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif, tokoh bangsa yang kita cintai, wafat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta.

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun.

"Atas nama pemerintah, rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Buya Syafii. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni kesalahannya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah." Tutupnya

(Tim Network News)

Previous Post Next Post