Saat Sidak, Tiba-tiba Stock Minyak Goreng Melimpah

Saat Sidak, Tiba-tiba Stock Minyak Goreng Melimpah

iTimes - Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah ritel modern di Lotte Mart, Lotte Grosir, dan Alfamidi di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jum'at (18/03/2022). 

Saat sedang Siidak, Mendag Lutfi terkejut melihat tempat display minyak goreng penuh setelah harga dikembalikan ke mekanisme pasar.

"Saya juga bingung barang ini dari mana? tiba-tiba keluar semua," kata Mendag saat berdialog dengan ibu-ibu.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi tidak menemui kelangkaan minyak goreng di ritel modern kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

"Untuk minyak kelapa sawit curah dijual Rp 14.000 per liter sedang yang kemasan dijual mengikuti nilai keekonomian," Pungkasnya.

Mendag Lutfi menuturkan ketersediaan minyak goreng mendapat respons positif konsumen. Meskipun harganya lebih tinggi, kata Mendag, tidak banyak ibu-ibu yang mengeluh.

"Saya meminta kerjasama semua pihak, terutama ritel modern untuk membantu masyarakat agar lebih mudah mendapatkan minyak goreng," Tuturnya. 

Mendag Lutfi menyatakan distribusi minyak goreng di ritel modern semakin membaik, dan Kemendag akan terus memastikan ketersediaan komoditas pangan tersebut bagi masyarakat di pasar tradisional maupun ritel modern.

"Jadi mending mana murah tapi barangnya tidak ada, atau sedikit mahal tapi stok banyak," ucap Mendag.

Mendag juga menjamin tidak lama lagi harga minyak goreng akan turun apabila ketersediaan di pasar semakin banyak. Menurutnya, penurunan harga terjadi sesuai dengan prinsip mekanisme pasar.

"Paling tidak semingguan nanti ada Filma dan merk lainnya akan membuat harga turun, jadi tidak bisa langsung," ucap Mantan Duta Besar Indonesia untuk AS ini.

Mendag Lutfi meyakini penurunan harga ini akan sangat membantu menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri.Ia pun berpesan kepada pelaku usaha yang menjalankan bisnis kuliner agar membeli minyak curah bersubsidi yang dijual di pasar tradisional. (*/Red) 

Previous Post Next Post