Upacara HUT GMBI Ke 20 Diguyur Hujan, Para Aktivis Kebasahan

Upacara HUT GMBI Ke 20 Diguyur Hujan, Para Aktivis Kebasahan
Ket : Saat Berlangsungnya Upacara Peringatan HUT GMBI Di Benteng Somba Opu

iTimes - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang merupakan salah satu Ormas yang cukup diperhitungkan di Indonesia kini telah memasuki usia yang ke 20 Tahun. 

Sesuai surat edaran Dewan pimpinan pusat GMBI, Dalam rangka perayaan Anniversary HUT Ke-20 LSM GMBI dengan tema "GMBI PEDULI", diperingati di tiap-tiap distrik kabupaten dan kota Se-indonesia dengan menerapkan Protokol kesehatan.  

Termasuk di wilayah Sulawesi Selatan GMBI Wilter Sulsel memperingati acara HUT Ke 20 di tiap-tiap wilayah, dengan berbagai acara seperti :

  1. Lomba Orasi
  2. Donor Darah
  3. Dzikiran malam
  4. Bakti sosial
  5. Sedekah Anak Yatim dan Panti Asuhan

Seperti dari pantauan awak Media di tiga lokasi yaitu Gowa, Makassar Dan Maros, terlihat upacara digelar secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19. 

Ket : Saat Perayaan GMBI Wilter Sulsel & Berbagi Santunan Ke Panti Asuhan


Meskipun diguyur hujan, para peserta upacara mengalami basah karena derasnya hujan tak menghalangi niat para pejuang aktivitas GMBI untuk tetap melaksanakan kegiatan tersebut. 

Seperti yang terlihat Jajaran tingkat pengurus GMBI Wilter Sulsel mengadakan pengibaran Upacara di daerah dataran tinggi Kabupaten Gowa, Senin (28/03/2022).

Dalam Sambutannya Ketua GMBI Sulsel Drs.Sadikin berpesan, di acara HUT GMBI Ke 20 meskipun digelar secara terpisah, tapi seyogyanya para aktivis GMBI khususnya Sulawesi Selatan bisa lebih bersatu serta dewasa dan bijak dalam mengambil sikap terlebih lagi dalam bertindak. 

"Di umur GMBI yang 20 Tahun saya berharap seluruh aktivis GMBI di Sulawesi Selatan bisa lebih dewasa dalam berorganisasi jangan saling menjatuhkan, tapi fokuslah bagaimana caranya kita bisa kembangkan lembaga yg kita cintai ini," Tuturnya.

Ket : Saat Dzikir Malam Sedang Berlangsung Di Benteng Somba Opu


Sadikin juga menyampaikan bahwa hal yang paling harus kita jaga dan hindari bersama ialah adanya konflik antar internal semama aktivis dan konflik eksternal sesama Ormas dan lembaga lainnya.

"Ujian yang kita alami saat ini terutama bapak ketum beserta saudara saudara yang lain, tidak membuat kita para aktivis berkecil hati, tetap semangat untuk bisa berbuat baik bagi masyarakat, bangsa dan negara," Pungkasnya.

Dilokasi lain juga mengalami hal yang sama, seperti yang terlihat di Distrik kota makassar, acara HUT GMBI diadakan di Benteng Somba Opu beserta dari jajaran Distrik Kabupaten Gowa. 

Di distrik kota makassar sendiri upacara dipimpin langsung oleh Ir. Walinono Selaku ketua makassar. 

Ket : Saat Kegiatan Donor Darah Di Acara HUT GMBI Benteng Somba Opu


Dalam pidatonya dia mengatakan bangga dan bersyukur sampai detik ini masih berada di GMBI dan masih dipercaya memimpin kota makassar. 

"Di acara kali ini di usia GMBI yang ke 20 saya sangat berbangga diri dan bersyukur terhadap kepercayaan dan kesetiaan para aktivis GMBI untuk tetap bersama-sama menjaga dan membesarkan lembaga yang sama-sama kita cinta," Bebernya. 

Dia juga menyampaikan bahwa, acara HUT GMBI tahun ini sengaja di adakan di salah satu tempat yang penuh sejarah yaitu Benteng Somba Opu. 

Ket : Saat Berbagi Santunan Kepada Anak Yatim Di Lokasi Acara Dan Panti Asuhan


"Perayaan kali ini kita berkolaborasi dengan distrik Gowa yang mengambil tempat di Benteng Somba Opu di dekat Museum Karaeng Pattingalloang, bukan tanpa alasan namun tentunya syarat den penuh makna dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, " Tambahnya. 

Berbagai perjalanan panjang yang dilalui LSM GMBI bersama Ketua Umum sekaligus pendiri telah mengajarkan kader aktivis GMBI pada makna guna hidup. 

"Arti dari sebuah perjuangan menuju kejayaan hakiki terkhusus distrik yang ada di Sulawesi Selatan, Benteng Somba Opu merupakan simbolik pertahanan menuju kejayaan dan kemenangan, sebab Benteng Somba Opu adalah sebuah pertahanan kerjaan Gowa yang termashyur dan pusat perniagaan dikawasan Asia Tenggara kala itu," Pungkasnya.

Ket : Foto Kegiatan GMBI Distrik Maros


Hal senadapun di sampaikan oleh Jufri, SE Selaku Ketua Distrik Maros saat memimpin upacara perayaan HUT GMBI ke 20 di sekretariatnya. 

"Perayaan HUT GMBI merupakan momentum dan titik balik untuk bisa lebih meningkatkan kualitas SDM kita yang lebih unggul dan Maju, sebab di usia GMBI yang sekarang bisa dikata sudah memasuki usia dewasa," Pungkasnya. 

Dari pantauan Tim Media Distrik Maros menggelar perayaan HUT GMBI secara sederhana di sekretariatnya dengan dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dan Ormas lainnya.

(Tim Network News) 

Previous Post Next Post