TNI Respon Serangan KKB Dengan Bersiaga Penuh Diperbatasan Indonesia - Papua



iTimes - Dandim 1715 Yuhukimo Letkol Inf Christian Irreuw memerintahkan seluruh personel TNI di perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini meningkatkan kesiapsiagaan.

Intruksi tersebut disampaikan Dandim 1715 Yuhukimo Letkol Inf Christian Irreuw menyusul situasi terkini yang terjadi di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

“Saya sudah meminta seluruh personel TNI khususnya yang bertugas di perbatasan RI-PNG meningkatkan kesiapsiagaannya,” tutur Letkol Inf Christian Irreuw seperti dikutip dari Antara, Senin (13/9/2021).

Sebagai informasi Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Tablo diduga membakar sejumlah fasilitas umum di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Selain itu, KKB pimpinan Lamek Tablo juga telah melakukan pembakaran alat berat milik PT. Wijaya Karya (WIKA) yang sedang melakukan pembangunan jalan dari Oksibil ke Towe Hitam.

Dalam konfirmasi, Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Christian Irreuw mengakui pengrusakan sejumlah fasilitas di Kiwirok dilakukan oleh KKB pimpinan Lamek Tablo.

Keterangan Letkol Inf Christian Irreuw, KKB pimpinan Lamek Tablo juga sempat baku tembak dengan aparat keamanan yang bertugas di Kiwirok.

Akibat dari baku tembak, kata Letkol Inf Christian Irreuw, seorang prajurit dari Yonif 403/WP yang tergabung dalam satgas pengamanan perbatasan terkena rekoset atau pantulan peluru. Saat ini, sambung Letkol Inf Christian Irreuw, kondisi prajurit yang mengalami luka di lengan kanan dalam kondisi stabil.

Kemudian terkait kondisi terkini di Kiwirok, Letkol Inf Christian Irreuw, menuturkan prajuritnya juga mengamankan warga di pos TNI dan Polri yang ada di Kiwirok. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari korban sipil jatuh akibat serangan KKB pimpinan Lamek Tablo.

Previous Post Next Post